Rabu, 12 Mei 2010

MEMILIH MERPATI BERKUALITAS (2)

Dalam menggeluti hoby merpati ini kita perlu extra hati2 dalam menahan diri untuk menambah koleksi piaraan kita. Mengapa? Nah saya berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa pengamatan dari rekan penghoby merpati, baik pemula maupun senior hampir rata2 kita akan menjadi Laper mata, sensitip kuping.......bila melihat,atau mendengar ada burung merapti yang bagus bahkan kita sering menggerutu sendiri kenapa beli merpati lagi????
apakah merpati yang baru sudah lebih bagus dari yang kita punya??
Sedikit trik khusus untuk menjadi benar2 tertarik menambah koleksi kita:

1. Perlu dilihat bibit atau trah
,bila kita akan menambah koleksi burung muda(Piyikan) kemudian perlu diraba apakah ada kerusakan fisik burung misal sumpitan patah atau badan kurus, kemudian perlu ditanyakan riwayat kesehatan burung kemudian dilanjut dengan rabaan berdasarkan filling istilahnya apakah perabotannya cukup memadai atau tidak, jangan hanya terpaku pada sebutan trah saja.
2. Bila kita akan membeli merpati tinggian yang sudah jalan apalagi yang pernah juara, perlu kita sesuaian dengan dimana kita bermain burung (lapak) karena sudah banyak variasi lapak tomprang (ada yg dipakai tali pembatas)misalnya gaya merpati turun nge-L kurang tepat untuk lapak yang pakai tali atau lapak kolongan, kalau untuk merpati balap sudah jelas

Dan perlu dicatat : apapun promosi pedagang burung dalam menawarkan merpatinya bagaimanapun ceritanya bagi saya tidak begitu penting karena burung merpati yang bagus pasti akan bercerita sendiri bila sudah dimainkan.

3. Bila kita mau membeli burung di pasar ini perlu extra hati2 dan teliti karena kita tidak tahu asal usul burung tersebut, maka perlu extra hati2 dalam beberapa hal:
-Masalah kesehatan burung dr pasar yang sudah terjangkit penyakit disini perlu ketelitian dalam memilih burung hrs benar2 sehat, dan saran saya sebelum kita masukan ke kandang main burung perlu di karantina kira2 satu minggi dengan perawatan awal beri obat cacing ,beri vitamin dan perhatikan kondisi burung karena bila sudah bercampur dengan burung yang lain jika ternyata burung tsb mengalami sakit akan berakibat fatal.
-Masalah status burung apakah burung tersebut dari hasil bandangan atau bahkan burung curian, jangan anggap sepele hal ini karena kalau sudah terjadi akibatnya juga akan fatal buat diri kita apapun dalihnya karena pandangan orang berbeda2 dlm kasus ini.
-Masalah untung rugi kenapa? jangan dikira kita membeli burung dipasar yang notabene lebih murah itu berarti menguntungkan coba dihitung2 lagi masalah perawatan, waktu latihan kemudian bagaimana hasilnya.mohon maaf saya tidak mengecilkan burung pasar.
Semua pasti harus diimbangi dengan niataan kita untuk mendapatkan burung yang bagus, sehat, dan tidak bermasalah dengan status burung tersebut, harus diawali dengan bahan yang bagus perawatan yang cermat dan latihan yang teratur dan benar karena didalam bermain burung merpati diperlukan kesabaran, kejujuran, serta ada rasa welas asih terhadap burung merpati yang kita sayangi.
Sekali lagi ini hanya saran dari saya untuk bertukar kawruh sesama penghobi merpati khususnya tinggian saya mohon maaf jika ada kalimat2 yang kurang berkenan bagi rekan2 sekalian.
"Merpati lambang Perdamaian" jadi pecinta burung merpati adalah orang2 yang suka damai.

SALAM MERPATI

DISADUR DARI : http://www.merpati.org/forum-burung-merpati/11-memilih-merpati-tinggi/9800-trick-memilih-burung-merpati-yang-baik-sehat-dan-tidak-bermasalah.html

1 komentar:

  1. ehmmm.. ternyata ada juga sesama penggemar merpati yang online

    Salam Mbekur bos dari saya Setiyo di Nanggulan hehe dekat tho.

    http://setizone.cz.cc

    BalasHapus